Hero Posts

Kiat Mendidik Anak Agar Menjadi Baik Dan Bisa Hidup Mandiri

Kiat Mendidik Anak Agar Menjadi Baik Dan Bisa Hidup Mandiri
Terkadang kami merasa prihatin dengan remaja-remaja sekarang yang  cukup pintar di sekolah, tetapi tidak bisa mengerjakan pekerjaan rumah sehari-hari.

Pekerjaan Rumah Kelihatannya memang sepele dan tidak penting. Tapi nyatanya banyak anak usia SMP bahkan mungkin SMA jaman sekarang hanya sekedar mencuci baju atau memasak makanan sederhana saja ternyata tidak bisa. Hal ini bisa saja terjadi karena sejak kecil mereka tidak dilatih untuk melakukan sesuatu tanggung jawab pekerjaan

Pekerjaan itu Terkadang orang tua terlalu memanjakan karena, segala sesuatu dilakukan oleh pembantu rumah tangga. Anak hanya ditugaskan untuk belajar-dan belajar demi untuk mendapatkan nilai yang sebagus-bagusnya di sekolah , dan melupakan pelajaran yang tak kalah penting ,yaitu keterampilan hidup.

Ceritanya Dulu sewaktu kami kecil, kelas lima SD saja sudah diberitanggungjawab untuk mencuci , menyetrika baju sendiri. Memang sih aku masih ingat betul pada saat itu aku juga ogah-ogahan dan sering jawab, nanti..nanti,,jika disuruh melakukan sesuatu hal, tapi lambat laun kami merasa terbiasa dan justru belum tenang kalau belum melakukan tugas yang menjadi tanggung jawab kami.

Kami pun berusaha mengajarkan hal yang sama pada anak-anak kami. Tentu saja sesuai dengan usia mereka. Untuk itu kami berusaha me libatkan anak-anak dalam pekerjaan-pekerjaan rumah tangga, hal ini juga kami lakukan untuk melatih kemandirian anak. entah itu memasak, mencuci piring, menyapu lantai dan lain-lain.

Melihat anak- anak mencuci piring bareng –bareng jadi teringat saat anakku sekolah di PAUD dulu. Di PAUD itu pun ada kegiatan cuci-cuci tapi pakai piring plastik. Dan untuk itu kami harus bayar biaya bulanan, Alhamdulillah tanpa biaya sedikitpun sekarang kami juga bisa lakukan itu di rumah, bahkan langsung praktek pakai piring dan gelas betulan.

Kalau sedang mood nya bagus ya mereka melakukan dengan penuh semangat, meskipun tak kami suruh. Tapi jika lagi nggak mood ya paling hanya iya..iya..nanti..nanti..tanpa dikerjakan.

Memang sih, keluarga kami mempunyai asisten rumah tangga, tapi kami berusaha untuk tidak mengandalkan sepenuhnya semua pekerjaan rumah tangga kami. Kami berusaha kerjakan apa yang kami sempat bersama anak-anak.

sumber foto gambar dari google.co.id
Itulah Artikel Postingan Kiat Mendidik Anak Agar Menjadi Baik Versi Bunda Yasmin admin kutip dari bunda yasmin Baca Juga Materi Bagaimana Tips Mendidik Anak Agar Tidak Manja Serta Tidak Keras Kepala dan Bisa Dapat Hidup Mandiri Ikuti pesan Rasullullah tentang cara mendidik anak www.kiatz.com agama islam
Anda mungkin menyukai postingan ini