Hero Posts

Tips Dan Kiat Membangun Relasi Yang Baik Antara Orang Tua Dengan Anak

Tips Dan Kiat Membangun Relasi Yang Baik Dengan Anak
KiatZ.com-Tips Dan Kiat Membangun Relasi Yang Baik Dengan Anak, Hubungan anak dan orang tua tidak akan pernah terlepaskan, Tulisan ini banyak diinspirasi dari buku karya DR.Maurice Balson seorang Konsultan pendidikan bagi keluarga dan mantan kepala sekolah “sekolah orang tua “ di Australia.

Kenyataan yang kita hadapi saat ini adalah pola dan style kehidupan anak-anak dan anak remaja sudah mulai bergeser dengan semakin berkembangnya teknologi.

Banyak kita temui, kekerasan anak di sekolah dan di rumah, gangguan mental dan emosi, keluarga yang pecah, kegagalan sekolah dll, ini membuat para orangtua, guru dan pemerintah ikut merasa prihatin.

Dijelaskan dalam buku ini, bahwa semua problem yang melibatkan orang tua dan anak – anak serta anak remaja, berasal dari kesalahan dan kegagalan membangun relasi. Untuk itu diperlukan rasa saling menghormati dan percaya akan membentuk relasi yang efektif.

Ciri – Ciri relasi efektif dijelaskan seorang pakar relationship yaitu Dinkmeyer dan Mc.Kay ( 1983:7) :
  • Saling memperhatikan
  • Empati terhadap masing – masing
  • Berhasrat untuk mendengarkan
  • Lebih melihat sifat yang bernilai daripada kekurangannya
  • Melakukan kerjasama
  • Lebih baik mengungkapkan pikiran dan perasaan daripada menahan meledak menjadi kemarahan
  • Saling mendukung dan menerima
Seringkali orang tua merasa lebih penting untuk memberikan nasihat, padahal mendengarkan mereka pun tak kalah pentingnya. Untuk itu orang tua perlu membangun relasi yang efektif penuh persahabatan dengan saling memberikan

Demikianlah kiat khusus dan mudah bagaimana menjalin hubungan mesra selalu antara orang tua baik ayah ibu kepada anaknya, lihat juga Kiat Mendidik Anak Agar Menjadi Baik Dan Bisa Hidup Mandiri 
Anda mungkin menyukai postingan ini