Hero Posts

Kiat Sukses Hadapi Ujian Agar Lebih Maksimal, Untuk Pelajar Wajib Baca ini

Kiat Sukses Hadapi Ujian Agar Lebih Maksimal, Untuk Pelajar Wajib Baca ini
kiatZ.Com -Bagaimana cara menghadapi ujian nasional bahasa inggris ? Tahukah kamu Belajar sampai begadang semalaman tidak akan membantu anda mengingat bahan-bahan ujian tersebut, malah akan membuat anda semakin melupakannya, demikian yang ditemukan oleh para peneliti AS.

Sering para pelajar atau mahasiswa tidak tidur semalaman untuk belajar dalam menghadapi ujian yang harus ditempuh keesokan harinya. Tekadnya sih untuk mendapat hasil yang terbaik dalam ujian. Alasannya bermacam-macam.

Ada yang karena merasa belum siap, tapi ada juga yang yakin bahwa belajar semalam suntuk akan membuat pelajaran tersebut melekat erat di otak.

Tapi menurut dua laporan dalam Nature Neuroscience, tidur nyenyak justru membantu orang untuk mengingat apa yang telah mereka pelajari pada hari itu.
 
Para peneliti telah menemukan bahwa tidur sangat penting untuk mempertahankan jenis-jenis ingatan tertentu. Dalam percobaan-percobaan, para peneliti menemukan bahwa peserta penelitian yang beristirahat dengan baik lebih mahir dalam menguasai keahlian baru dibanding rekan-rekan lainnya yang kurang tidur. Mendapatkan cukup tidur pada malam pertama setelah mempelajari keahlian-keahlian ternyata sangat penting.

Dalam suatu penelitian, para peneliti dari Harvard Medical School di Boston, Massachusetts (AS), meminta orang-orang muda yang sehat untuk mempelajari suatu tugas dimana mereka harus membedakan sasaran visual dengan latar belakang yang mengganggu pada layar Komputer.

Jenis ingatan yang diuji oleh timnya dikenal sebagai ingatan prosedural jenis ingatan yang digunakan seperti pada saat kita memainkan piano atau memukul bola bisbol.

Satu kelompok diperbolehkan untuk tidur normal pada malam setelah pengujian, sementara kelompok yang lain tetap terjaga pada malam pertama dan sehari setelah mempelajari tugas. Mereka kemudian diperbolehkan untuk tidur selama yang mereka inginkan, selama 2 malam sebelum diuji kembali.

Seri pengujian kedua ini mengungkapkan bahwa keahlian kelompok pertama menunjukkan perbaikan, sedangkan kelompok yang tidak dapat tidur pada malam pertama tidak menunjukan kemajuan.

Hal ini menunjukkan bahwa orang tidak dapat menggantikan tidur malam yang penting tersebut dengan tidur lama pada hari-hari lainnya. Kurang tidur tidak membuat para peserta melupakan pelajaran yang telah mereka pelajari. Tapi, mereka terlihat seperti kehilangan 'jendela' waktu dimana tidur dapat membantu otak dalam membentuk informasi menjadi ingatan yang bertahan lebih lama.

Peneliti lain dari Dokter Medical University of Lubeck di Jerman, menemukan bahwa tingkat awal dalam tidur sangat penting dalam belajar. Peneliti menemukan bahwa keahlian para peserta penelitian meningkat setelah 3 jam tidur “dini” yang dikenal sebagai tidur gelombang lambat. Keahlian tidak membaik ketika para peserta hanya mendapat tidur “lanjut”

Bagaimanapun, kemajuan terbesar dicapai ketika para peserta mendapatkan istirahat penuh semalaman. Walaupun tidur “dini” penting untuk membentuk memori, tingkat-tingkat lanjut juga terlibat. Inilah sebabnya tidur yang gelisah atau tidur malam yang diperpendek sama buruknya dengan tidak tidur semalaman. Lagi pula, kekurangan tidur berdampak pada semua bentuk formasi memori.

Jadi, untuk anda yang akan menempuh ujian, puas-puaskanlah belajar dari pagi hingga malam asal jangan terlalu larut malam apa lagi begadang, lalu tidurlah dengan pulas Mudah-mudahan esok ujian dan hasilnya akan dapat proleh lebih baik.

Demikianlah Kiat Sukses Hadapi Ujian Agar Lebih Maksimal, Untuk Pelajar Wajib Baca ini Baca Postingan Sebelumnya Yaitu Kiat Dan Tips Memilih Pakaian Saat Santai Agar Kencan Anda Sukses
Anda mungkin menyukai postingan ini