Hero Posts

Kiat Memberikan Air Susu Ibu (ASI) Untuk Kesehatan Balita

Kiat Memberikan Air ASI Ibu Untuk Kesehatan BalitakiatZ.com -Air susu ibu (ASI) menyediakan seluruh nutrisi yang dibutuhkan bayi selama 6 bulan pertama kehidupannya. Setelah enam bulan, suplemen besi atau sereal diperlukan di samping ASI. ASI juga mengandung antibodi yang membantu melindungi bayi dari infeksi.

Selain juga membantu bayi memelihara bakteri di dalam usus yang dibutuhkan untuk proses pencernaan.

ASI berubah sejalan dengan berubahnya kebutuhan nutrisi bayi. ASI yang pertama dihasilkan adalah kolostrum, cairan kekuningan dan lengket yang mengandung protein, mineral, vitamin, dan antibodi. Kolostrum dihasilkan selama kehamilan dan hari-hari pertama setelah melahirkan.

ASI yang diproduksi setelah kolostrum mempunyai lebih banyak lemak dan karbohidrat, Susu terakhir di payudara mempunyai kalori dan lemak yang lebih tinggi. Susu yang kaya kalori dan lemak ini disebut hindmilk.

Susu formula juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. Tapi, ia tidak mengandung antibodi atau benda - benda hidup yang ada di ASI. Banyak unsur gizi yang lebih mudah diserap dari ASI daripada susu formula. Contohnya, susu formula yang diperkuat zat besi mengandung lebih banyak zat besi dari ASI, tapi tubuh bayi lebih banyak menyerap zat besi dari ASI.

Bayi yang mendapatkan ASI lebih tahan dari penyakit flu dan infeksi kuping, dan bila sakit biasanya ringan dan tidak lama. Bayi yang mendapatkan ASI juga mempunyai resiko alergi makanan yang lebih rendah. Tapi diperlukan penelitian lebih mendalam mengenai hal ini.

ASI juga lebih mudah dicerna, maka bayi yang diberi ASI jarang mengalami konstipasi. Karena bayi menelan lebih sedikit udara saat menyusui, bayi yang menyusui jarang muntah dan mempunyai udara dan kram lebih sedikit dari bayi yang diberi susu botol.

Dalam kasus yang jarang terjadi, wanita menderita penyakit metabolisme yang menyebabkan ASI-nya kekurangan vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan bayi. Ia harus menggunakan susu formula untuk memberi makan bayi sepenuhnya atau sebagian.

Demikianlah Kiat Memberikan Air Susu Ibu (ASI) Untuk Kesehatan Balita Baca Postingan yang lain Yaitu 10 Cara Ampuh Mengatasi Sakit Kram Baca Kiat Dan Tips-nyamanfaat air asi bagi orang dewasa
Anda mungkin menyukai postingan ini