Hero Posts

Tips Dan Kiat Ber-Hemat Uang Agar Gaji Utuh

Tip Cara Hemat Uang Gajian Sampai Akhir BulankiatZ.com -Orangtua mempunyai pengaruh sangat besar dalam cara kita mengatur dan membelanjakan uang. Anak yang memiliki orangtua boros dan tidak bisa mengatur uang, biasanya juga cenderung boros. Sebaliknya, anak yang memiliki orangtua cermat dan bisa mengatur uang dengan baik, biasanya bertindak cermat dan hemat pula.

Demikian survei yang dilakukan melalui internet banking oleh Intelligent Finance. Survei tersebut menyimpulkan, 52% responden mengaku meniru cara orangtua mereka dalam mengatur dan membelanjakan uang. Tidak sedikit responden yang meminta advis orangtua dalam membelanjakan uangnya.

Menurut psikolog Donna Dawson, cara anak mengatur uang, tidak terlepas dari peranan orangtua. Orangtua adalah orang paling dekat dengan anak-anak. Apa yang dilakukan dan dibicarakan mereka, kemungkinan besar bisa dilihat dan didengarkan oleh anak-anaknya.

"Cara orangtua mengatur uang akan mempengaruhi kita, baik secara langsung maupun tidak. Dan nyatanya, kita akan berusaha menyamai mereka," kata Dawson. Itulah kenapa orangtua harus bertindak hati-hati dan berusaha memberikan contoh baik kepada anak-anaknya, termasuk cara mengatur dan membelanjakan uang.

Menurut survei itu, hanya satu dari lima responden yang berusaha mengelola uang dengan caranya sendiri. Itupun karena mereka telah melihat kegagalan orangtua dan orang-orang terdekat dalam mengatur uangnya

Sering Sekali Belum lama hari gajian berlalu, pikiran Anda sudah sumpek. Rasanya, tagihan-tagihan tak pernah ada habisnya. Padahal, Anda sudah merasa berhemat dan bekerja begitu giat. Apa sih yang salah, begitu Anda bertanya-tanya dalam hati.

Saatnya Anda mengelola kondisi finansial dengan lebih cermat. Ingatlah beberapa hal di bawah ini seperti kamu kutip dari web lowongan kerja:

1. Perkirakan jumlah biaya Dalam sebulan, hitunglah berapa juta rupiah yang Anda perlukan untuk membiayai hidup Anda. Buat perkiraan itu tanpa menghiraukan apakah Anda sedang 'kaya' (bila ada tambahan penghasilan) atau 'miskin' (tanpa tambahan apa pun). Setelah itu, munculkan angkanya.

2. Buat anggaran dan catatan Untuk memperoleh anggaran, Anda harus menghimpun catatan pembelanjaan untuk sebulan atau 2 bulan. Ini akan memberi Anda petunjuk berapa banyak uang yang Anda perlukan setiap bulan. Banyak sistem yang mudah, tapi yang paling sukses adalah yang Anda lakukan dengan penuh kejujuran.

3. Jangan besar pasak daripada tiang Artinya, anggaran Anda tak boleh lebih besar ketimbang pendapatan. Sebuah anggaran adalah serangkaian pembelian yang terencana. Tentu saja, harus disesuaikan dengan besarnya penghasilan Anda.

4. Gunakan bank Salah satu kegunaan bank adalah untuk menyimpan uang Anda, supaya tidak selalu tersimpan di dompet dan menggoda untuk dihabiskan. Uang untuk keperluan berkala dan tahunan mestinya Anda tabung supaya Anda masih bisa memperoleh bunga.

5. Tanggung jawab Resep apa pun dalam keuangan tak akan pernah berhasil bila Anda melalaikan tanggung jawab. Artinya, Anda harus ingat akan kewajiban mengelola uang ini dan berhati-hati membelanjakannya

Demikianlah Tips Dan Kiat Ber-Hemat Uang Agar Gaji Utuh, cara menghemat dan memakai uang dengan bijaksana anak kost dilain waktu kita bahas Baca Postingan Sebelumnya Yaitu Kiat Dan Tips Memilih Dan Pakaian Baju Kantor Saat Musim Hujanbagaimana cara terbaik menghemat uang gaji
Anda mungkin menyukai postingan ini